Wednesday, December 15, 2010

Panjat Pinang Hidup

Mungkin seseorang memang perlu terhempas dahulu sebelum mereka dapat meraih suatu hasil yang lebih baik. analogikan bahwa hidup seperti lomba panjat pinang saja. dalam panjat pinang kita memeliki sesuatu yang kita tuju, yaitu hadiah. hadiah itu adalah sebuah goal dalam hidup kita. tiang yang kita panjat adalah jalan kita untuk meraih goal tersebut. sedangkan minyak yang dioleskan di tiang adalah hambatan dan segala kesulitan yang terjadi dalam hidup kita. dan tentu saja tak lupa ada orang-orang di sekeliling kita yang berusaha saling menginjak dan menjatuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang besar lebih dahulu daripada kita. namun, walaupun mereka adalah pesaing dalam hidup kita, kita tetap membutuhkan mereka untuk mampu meraih puncak. menunjukkan bahwa manusia memang tidak pernah lepas dari predikat sebagai makhluk sosial. saat kita menyerah dalam lomba, maka hadiah terbaik akan di rebut oleh orang yang lebih gigih dan optimis. terlihat disini, sejauh mana kita mau berusaha dan meriah yang terbaik. bukan dengan cara melukai pesaing atau menginjak sampai terperosok ke tanah, melainkan memijakkan kaki satu sama lain. tanpa adanya pesaing dalam hidup, kita tak akan pernah belajar akan yang namanya kompetisi.

saya membaca sebuah artikel di majalah, dan disitu tertuliskan bahwa semakin banyak kita di kritik, di hina, di jelek-jelekkan maka semakin beruntunglah kita karena hal tersebut bisa menjadi sebuah pemacu utama dalam menjalani kehidupan.

Thomas Alva Edison melakukan 10.000 kali percobaan sebelum dapat meciptakan sebuah bohlam dan Ia berkata bahwa Ia tidak mengalami kegagalan sebanyak 9.999 kali, melainkan belum menemukan cara yang benar sebanyak 9.999 kali.

jangankan dalam hidup, saat kita berjalan kaki tanpa alas kaki saja, kaki terasa nyeri karena begitu banyak kerikil di sepanjang jalan. namun saat kita berjalan di atas ribuan kerikil, sesugguhnya kita akan tetap bisa sampai tujuan walau terasa nyeri dan panas. semua tergantung seberapa keras kita mau berusaha. Forrest Gump berhasil melewati segala macam kerikil dalam hidupnya, membuat kekurangannya menjadi sebuah kelebihan hasil dari usaha yang luar biasa.

sayang sekali bukan jika kita tidak berhasil mendapatken sebuah mini compo atau bahkan televisi dalam lomba panjat pinang hanya karena kita mudah menyerah? just do our best and be the best in your life! :)

No comments:

Post a Comment