Thursday, December 30, 2010

Hiduplah Indonesia Raya !






foto diatas adalah murni jepretan saya dari stadion Gelora Bung Karno (agak burem, maklum..bukan professional photographer :) ). 

hari Rabu, tanggal 29 Desember 2010 saya dan rombongan pergi menyaksikan secara langsung perjuangan Timnas Indonesia di final AFF tahun 2010 melawan Malaysia. tidak ingin kehabisan tempat duduk, kami pun datang ke lokasi pukul 3 sore sedangkan kick-off pada pukul 7 malam. 

betapa saya terkagum saat saya menjejakkan kaki di lokasi dan melihat sekitar (ini kali pertama saya menyaksikan langsung di GBK) penuh dengan warna merah dan putih. warna bendera Indonesia. pedagang baju, stiker, selendang dan beragam atribut lainnya menambah aura nasionalis di depan stadion.belum saya masuk , tapi saya sudah merasakan semangat yang muncul di balik selimut merah dan putih itu.

duduklah saya dan rombongan di dalam stadion, mencari tempat terbaik. jeda waktu diisi dengan beragam performance dari artis dalam dan luar negeri. antara lain Syahrini dan White Lion (katanya. panggung agak jauh). beragam lagu pun dinyanyikan antara lain Garuda di dadaku (yang pasti selalu ada), halo-halo Bandung, Bendera, Indonesia Jaya, Rasa Sayange dan banyak lagu-lagu bertemakan Indonesia lainnya. saya pun mulai merasakan deg-degan yang makin menjadi saat mobil PSSI memasuki kawasan GBK. betapa riuh dan semangatnya para suporter menyambut kedatangan sosok yang diidolakan baik Irfan Bachdim, Gonzales (yang mewarnai media beberapa minggu terakhir) atapun yang lokal seperti Bustomi atau Bambang Pamungkas.

kira-kira pukul 5 sore, bangku-bangku pun mulai padat dipenuhi ribuan suporter yang mengenakan pakaian berwarna merah-putih lengkap dengan atributnya. semakin riuh penonton saat pemain Timnas dan pemain Malaysia melakukan pemanasan di tengah lapangan. dengan bersemangat, seluruh suporter meneriakkan kata ' Indonesia ' lengkap dengan bunyi gendang dan terompet. tak lupa lagu garuda di dadaku. :)

kira-kira pukul 7 kurang 5 menit, seluruh tim keluar dan siap melakukan pembukaan dengan lagu kebangsaan masing-masing negara :

 suasana ini adalah salah satu yang paling saya tunggu dan jarang ada walaupun dalam perayaan hari kemerdekaan sekalipun. puluhan ribu orang (di dalam stadion) dan ribuan orang (diluar GBK) menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama. merinding melihat lautan merah putih di sekeliling GBK dan dengan khidmat bernyanyi bersama. (video suasana Indonesia Raya akan saya upload menyusul). Detik itu, saya dapat merasakan semangat nasionalis yang luar biasa. mendukung yang terbaik untuk Timnas Indonesia.

Saya sangat menikmati pertandingan walaupun sejujurnya, menonton lansung di stadion jauh lebih bikin stres ketimbang nonton di televisi. puluhan peluang lewat begitu saja termasuk pinalti, kesempatan untuk menaikkan semangat juang dan meraih peluang kemenangan. namun sayang, ternyata Malaysia lebih dulu mencetak gol ke gawang Indonesia yang langsung disambut kekecewaan beberapa suporter. (suporter yang duduk di depan saya langsung pulang bersama rombongan saat gawang Indonesia kebobolan) namun ternyata puluhan ribu lainnya lebih memilih duduk di tempat dan mendukungn Timnas sampai menit terakhir. banyak hal yang saya lihat disana, antara lain permainan Indonesia yang lebih baik dan dukungan suporter yang tidak pernah lelah mendukung timnas Indonesia. 

saat Indonesia berhasil mandapatkan poin dan skor berubah menjadi 1-1, seluruh lautan merah putih bersorak dan disambut kembang api meriah di luar stadion (dinyalakan oleh mereka yang nonton bareng lewat big screen). aura semangat langsung meningkat walaupun waktu tinggal tersisa kurang lebih 15 menit dan 4 poin untuk menang. saya percaya bahwa semangat suporter memacu para pemain sehingga mereka mampu mencetak satu buah gol lagi sehingga skor leg.2 kini dipimpin oleh Indonesia dengan skor 2-1. namun ternyata kemenangan di leg.2 tidak membawa Indonesia untuk menyentuh piala AFF. but well, ternyata pengalaman pertama saya menonton GBK menimbulkan banyak pemikiran dan hal-hal di luar dugaan. dan saya, entah mengapa, tidak terlalu merasa kecewa atas anugrah runner-up yang disandang Timnas. justru saya bangga akan kemenangan yang selesai tanpa adanya kerusuhan atau bentuk balas dendam terhadap timnas Malaysia.
memang sempat ada sebuah sorotan laser namun ternyata hal tersebut tidak berlangsung lama. saat laser muncul, bukannya mendukung sebagai upaya balas dendam, malah suporter lain menyoraki si penyorot laser untuk segera mematikan laser tersebut. hal itu adalah salah satu yang membuat saya kagum pada suporter Indonesia yang mencoba untuk tetap sportif. merekapun menahan diri untuk tidak menyalakan petasan besar / kembang api sampai closing ceremony. 

saya pun melihat banyak para penonton yang tetap bangga akan prestasi dan usaha keras timnas. berikut adalah kutipan-kutipan luar biasa dari para pemain Timnas lewat jejaring sosial Twitter:

Irfan Bachdim -->
"We beat them twice!! It's not enough to win the cup. But we are the BEST of the whole tournament! And our supporters are the best !!"
"Not always the best win!! "

Bambang Pamungkas -->
"Ternyata 6 kemenangan dan hanya sekali kalah, belum mampu membawa pulang trophy itu saudara-saudara. tetap semangat!"

Bambang Pamungkas pun sempat bilang di sebuah media televisi, bahwa Indonesia menang, tapi tidak juara. well,mungkin memang belum waktunya. yang pasti saya bangga akan Timnas beserta suporter yang tak lelah menyerukan nama Indonesia selama 90 menit pertandingan berlangsung. mudah-mudahan Timnas makin berkembang dan mampu meraih prestasi lebih banyak lagi (trophy AFF menanti tahun depan.amin). sepakbola telah menyatukan masyarakat Indonesia dengan berbagai bahasa, status sosial, agama dan beragam perbedaan lainnya. mudah-mudahan semangat nasionalis ini tidak mudah menghilang begitu saja . Semangat untuk Timnas Indonesia ! :)



keterangan gambar:
(atas) supoter di sisi sebelah kanan saya.
(samping) suporter di sisi kiri saya.









tunggu postingan selanjutnya!
untuk video 'bernyanyi Indonesia Raya' dalam final piala AFF 2010.

No comments:

Post a Comment